BATAM / POLITIK

Ahmad Dahlan Janji UMK Batam Tidak Kurang dari Rp2,4 juta

Nongsa-20141106-00088

Ratusan buruh dari perwakilan beberapa perusahaan yang teragabung dalam serikat pekerja FSPMI menggelar unjuk rasa menuntut kenaikan UMK 2015 depan kantor Pemko Batam jam 10 hari inj (06/11/14).
Aksi unjuk rasa dimulai dengan konvoy pekerja dengan titik kumpul simpang tiga Panbil pagi tadi. Konvoi buruh dikawal oleh satuan lalu lintas kepolisian kota Batam menuju ke pemko Batam.

Dalam orasinya buruh menuntut UMK kota Batam 2015 naik menjadi Rp 3,3juta dati sebelumnya Rp 2,4 juta dikarenakan pembahasan umk di disnaker oleh DPK beberapa waktu lalu tidak menemui hasil. Serikat pekerja mengusulkan umk diangka Rp 3,3 juta namun Pengusaha mengusulkan umk 2015 turun menjadi Rp 2,1 juta. ” karena tidak ada titik temu kami kesini untuk meminta wali kota untuk mengusulkan angka umk tersebut ke gubernur” ujar Yoni Mulyo Widodo Ketua KC FSPMI Batam.

Dalam pertemuan singkat perwakilan buruh dengan walikota Batam Ahmad Dahlan, serikat buruh memberikan 2 tuntutan yaitu umk 2015 sebesar Rp3,3 juta dan membuka akses dari pemerintah guna menghadapi AFTA 2015 agar pekerja di kota Batam bisa berkompetensi.

Ahmad Dahlan memahami bahwa pembahasan umk tidak menemukan kesepakatan, dan akan membawa usulan umk ini ke gubernur dengan pertimbangan kenaikan tarif dasar listrik dan kenaikan gas 3kg. Beliau juga menjanjikan bahwa angka minimal umk 2014 tidak berada dibawah Rp 2,4 juta. Sementara angka tertinggi UmK 2015 beliau belum bisa memberikan angkanya.

Sebagai informasi umk 2014 dikota batam saat ini tertinggi ke-4 diIndonesia setelah Jakarta, Bekasi dan Karawang. Sementara umk 2015 didaerah Pasuruan saat ini sudah ditentukan sebesar Rp 2,7juta. “Jika umk batam lebih rendah dari pasuruan maka perusahaan2 dibatam akan kesusahan mencari pekerja seperti kejadian 3 tahun lalu” Yoni Mulyo widodo kembali menegaskan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s